Nomor Darurat GSM

Dalam standar Global System Mobile (GSM) terdapat nomor darurat 112. Pemakaian nomor yang sama di seluruh dunia memungkinkan pemakai GSM memanggil nomor telepon darurat melalui jaringan selular GSM terdekat, walaupun telepon GSM tersebut tidak terhubung ke jaringan selular GSM tempat telepon tersebut terdaftar.


Di negara tertentu seperti Belgia, Spanyol, Inggris, Liechtenstein, Austria dan Indonesia, hanya pemakai telepon selular GSM yang terdaftar dan pemakai penjelajah (roamers) saja yang bisa melakukan panggilan nomor telepon darurat 112. Pada jaringan selular GSM tertentu, hanya telepon selular GSM dengan kartu Subscriber Identification Module (SIM) yang masih berlaku dan memiliki kredit yang bisa melakukan panggilan nomor telepon darurat 112.


Di negara-negara di mana nomor telepon darurat bukan 112, maka panggilan ke nomor 112 akan disalurkan ke nomor telepon darurat di negara tersebut. Hal ini bermanfaat bagi turis asing yang tidak mengetahui nomor telepon darurat yang tersedia di suatu daerah.
Sebagian besar telepon selular GSM bisa menghubungi telepon darurat 112, walaupun telepon tersebut terkunci atau tidak memakai kartu SIM.

Sumber: Wikipedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CACING BAWAH KULIT vs ALBENDAZOLE

Lomba Menghias Tumpeng